Kamis, 05 Juli 2012

LIKA LIKU MACET LAYA-PALEMBANG

assalamualaikum
yuuuhuuuuu
selamat malam everbodyyyyyy ^_________^'
fiuuh akhirnya libur juga. sumpah demi apa deh dari mulai hari senin sampe ni ari tadi pulang kampus. yang namanya macet nemenin aku sampe pulang kerumah T.T mungkin bagi sebagian bloggers semua macet udah makanan sehari-hari ya. tapi macet yang ini BEDA. (kenapa capslock?). karena ini BEDA. You know, untuk menempuh kampus gue tercinta itu harus menempuh jarak lebih kurang 35KM. menggunakan angkot dan bus, melewati sungai, rawa, lautan debu nan tebal dan bau udara yang bisa ngebuat pohon-pohon (pohonnya dikit pula) harus bekerja keras menetralisir tapi tetep aja baunya minta ampun.
kembali ketema awal yang mau gue bahas disini adalah DIBALIK MACET menuju dan pulang dari kampus. hmmm begini nih macet sebenernya udah terjadi hari minggu kemarin jam tiga sorean gitulah. yaaa, gue mikirnya sih paling malem atau besok paginya macet ilang. tapi waktu demi waktu berjalan, menit demi menit, detik demi detik, jam demi jam tepat jam dua belas malem teng si kunti ngapel #eh??? (nggak nyambung hahahaha). maksud gue temen gue cerita kalo macet dari sore tadi belum ilang-ilang juga. mulai dong gue galau akankah si macet hilang esok pagi ataukah tidak?.WELL, paginya gue otw kampus, menjelang pergantian angkot menuju bus kota gue liat TL penuh dengan laporan bahwa jalan menuju kampus tercinta macet parahrahrah... kepalang nanggung udah dijalan ini ya udah nekat aja pergi ngampus. biasanya sih ya di simpang musi dua udah langsung keliatan pertanda-pertanda macetnya tapi ini malah nggak ada, jalanan lengang sepi kayak jalan Jakarta ditinggal penghuninya mudik lebaran. TAPIIIIIII -______-' KONDISI berubah 180 derajat udah sekitaran seperempatan perjalanan macet menampakkan mukanya. Oke, semua perbedaan macet yang biasanya mulai terlihat. mungkin perbedaan-perbedaan dibawah ini biasa kali ya dikota-kota besar. tapi ini semua menjadi beda karena terjaadi di jalan lintas timur yang kanan kirinya rawa-rawa bau amis, dengan debu setebal 30cm dan itu jalan satu-satunya menuju kampus. nggak percaya? yuuuk senin besok ikut gue ngampus! terlebih sebelumnya kan udah gue jelasin kenapa macetnya jadi beda, (baca nggak sih?kok jadi nyolot?soalnya kamu unyuuuu -__- #abaikan). nah sekarang gue paparin ya kenapa macetnya jadi beda (MENURUT GUE DOANG SIH) :
1. yang pertama adalah setiap orang tidak perlu membeli mobil mahal untuk offroad, terutama para mahasiswa. karena bus yang dinaikin rata-rata melewati bahu jalan yang punya lobang-lobang ekstrim serta kemiringan jalan yang curam. jadi kalo mamang sopirnya nggak jago kemungkinan terburuk adalah bus yang ditumpangin kepleset masuk rawa. tapi salut seratus jempol deh untung mamang sopir bus Indralaya-Palembang, selama udah 3 tahunan ini belum pernah ada kejadian bus mahasiswa  yang kepleset masuk rawa. See guys, betapa mereka sangat bertanggung jawab atas ketepatan waktu agar kita tidak terlambat. malahan waktu itu gue ngelewatin bus-bus karyawan setian fakultas termasuk fakultas gue sendiri ahahahaha.....
2. walaupun saat itu baru menunjukkan pukul 8 pagi, tapi matahari telah menyinari dengan hangatnya. leringat bercucuran termasuk gue. naaah ada seorang mahasiswa yang mungkin udah nggak tahan lagi sama panas dan pengapnya sama keadaan bus,terlebih bus yang nggak jalan-jalan lagi jadi dia mutusin untuk turun untuk nyari angin bentar (asumsi gue sih karena dia naik bus didepan gue). saat itu kita ada di titik macetnya jadi bener-bener geraknya bus cuma semeter terus berenti lagi lamaaaaa. naah karena keasyikan ngadem kali ya tuh anak jadinya dia nggak sadar kalo bus yang dia tumpangin udah gerak. dan waktu sadar busnya udah jalan agak jauh. dia kocar-kacir ngejer busnya ahahahahaaa sory mungkin gue keliatan jahat ngetawain orang yang kesusahan ketinggalan busnya. tapi gue berpikir percuma aja dong bro lo ngadem kalo akhirnya harus maraton ngejer bus ditengah panas dan padatnya mobil :P saat itu kebetulan gue duduk didepan jadi keliatan bener dan gue nggak, orang disebelah gue beserta mamang sopir dan kernet nggak bisa nahan ketawa lagi.
3. naaaah kalo tadi itu cowok nggak sengaja ketinggalan bus, ini adalagi nih seorang cewek yang mutusin untuk turun dari bus dan memutuskan untuk jalan. salut gue sama cewek ini. tapi sayangnya persepsi dia salah. dia turun disaat sedikit lagi area macet habis. seandainya dia mau bersabar sedikit saja mungkin tenaga yang dia keluarkan bisa di salurkan untuk mengerjakkan hal lain. gue ngeliat raut muka itu cewek sih dia senyum-senyum malu gitu. siapa yang nggak malu kalo diliatin orang-orang sebanyak itu =='. pesen gue adalah kita harus mencoba untuk lebih sabar lagi ahahahahaaaa
4. dimana ada kesusahan dibaliknya pasti terselip kebahagiaan. dan inilah yang terjadi pada pedagang-pedagang kopi, tahu sumedang dan empek-empek dadakan. ditengah panas dan baunya udara, orang-orang ini memanfaatkan keadaan itu untuk mengais rezeki. wal hasil uang pun bertambah disaku baju. biasanya aja kalo jalan lancar. jangan coba-coba deh lama-lama bediri dipinggir apalagi ditengah jalan itu, nyawa bisa semenit ilang. saaaaaaaalllllllluuut deeeh buat mamang-mamang yang berjualan ketika macet tiba. tapi ngomong-ngomong gue baru pertama itu ngeliat ada yang jualan setelah tiga taon bolakbalok indralaya-palembang. so bisa dikatakan bahwa macet yang kemaren itu salah satu yang terdahsyat. 
5. sayangnya para mahasiswa dan masyarakat hampir kehilangan arah untuk mengadukan semua yang terjadi. karena orang nomor satu di kota ini lagi tebar pesona ke ibukota Ihhhiikksss T.T walhasil hari ini temen-temen mahasiswa ngadain aksi didepan gedung DPR dan Gubernur. efeknya macet kemaren itu ya emang bener-bener kelewatan. banyak pegawai yang nggak ngantor. banyak mahasiswa yang datang sia-sia karena dosennya nggak masuk, walaupun masuk batas waktu kuliahnya juga udah abis. tertutama gue yang pada hari itu cuma kuliah satu mata kuliah yang mendapati dosennya sih datang tapi waktu untuk kuliahnya udah ABBEES!!!!-__-
6. semua mahasiswa rata-rata menghabiskan waktu pulang pergi kekampus selama 6-8jam dan macet itu semua tidak ada penyebabnya. dan tidak tahu siapa yang harus disalahkan. selain para mahasiswa yang mengalami kerugian materiil maupun non materiill, pengelola kantinpun mengalami kerugian saudara-saudara. berdasarkan info dari yuk epi, pemilik kantin pindang penggagan semua kantin yang ada dikampus tidak ada yang punya sayur TOGE (TOEEENGG hahaha) semua disebabkan truk-truk yang membawa bahan baku makanan, sayuran dan buah terjebak macet. mungkin terlihat remeh namun jika terjadi terus-menerus itu akan menyebabkan kerugian dan penurunan penjualan para pedagang kantin yang berimbas naiknya harga makanan perporsinya yang mempengaruhi pengeluaran mahasiswa yaitu uang yang dikeluarkan untuk jajan akan bertambah namun penambahan uang jajan tidak adaaaaaaaaaaaa T.T
7. pulang dari kampus emang masih macet sih, tapi kali ini macet diperparah karena ada tabrakan truk, bus dan mobil pick up kalo nggak salah. dan kata kernet bus gue itu kernet bus yang kecelakaan badannya kegencet. tapi untungnya masih idup, tapi sopirnya kabuuuur. aah sumpah itu waktu ngedengernya kasian. gara-gara macet yang nggak ada sebab harus makan korban untung masih selamat. 
Yuupp sekian cerita macet yang saya alami sening kemarin itu 2 Juli 2012 hingga hari ini kamis 7 Juli 2012. gue salut deh bagi temen-temen mahasiswa yang masih tetep semangat kuliah menempuh jarak jauh dengan resiko yang taruhannya kalo boleh gue bilang ya mempertaruhkan nyawa juga. hmmmm semoga perjuangan kita menuntut ilmu saat ini akan berbuah manis akhirnya ya sob amiiiinn... dan buat temen-temen yang hari ini ngadain aksi selamat berjuang ya. maaf gue cuma bisa bantu doa doang. semoga aspirasi kalian didengarkan dan macet menuju kampus itu lenyap. masa mau jadi kampus internasional tapi ngatasin macet segitu aja nggak bisa sih. APBD kite kemane nih??? nggak dipake untuk yang lain ka yaak? harapan gue semoga 
1. jalan-jalan yang masih mulus nggak dilobang-lobangin lagi. nggak jelas banget dan nggak masuk akal banget jalan bagus-bagus gitu dilobangin buang-buang duit aja.
2. yuuuuk kita mahasiswa beralih lagi ke kereta api, jangan pas macet aja kita baru naik kereta api. kasiankan KAnya ngambek jadi pas macet kemaren kita nggak punya alternatif lain kepaksa tetep naik buas gara-gara KAnya rusak T.T
3. truk-truk batubara, truk pengangkut kayu-kayu 'ilegal logging' di manage jalurnya jangan sejalur sama kitaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa bus mahasiswa.
4. perbaikan cepat berjalan dan bertahan lama. jangan benernya cuma sebulan ehh rusaknya enam bulan ngebenerinnya empat bulan macetnya nggak kettulungan.
5. perluasan bahu jalan please biar nggak dark race atau offroad lagi.
sekian cuap-cuap gue, kalo nggak nyambung nggak ngerti sama yang gue ceritain gue minta maaf sama Allah saya mohon ampun. sekian curhatan kali ini. makasih udah nyempet-nyempetin ngebaca. see yaaaaaaaaaa on the next stroryy.
wasalamualaikum ^_^ 














Tidak ada komentar:

Posting Komentar