Jumat, 18 Maret 2011

INDAHNYA MASA KECIL

Nostalgia yuuuk....
inget nggak dulu waktu kita masih kecil-kecil dulu. setiap mau maghrib buru-buru pergi ke musholla atau ke mesjid dideket rumah kita. bareng sama temen-temen kita, bawak mukena, iqra sama al-qur'an kita. dengan senyuman, tawa canda, keriangan dan langkah kaki penuh semangat menuju rumah Allah. semuanya kita jalani dengan ke ikhlasan dan ketulusan. sesampainya di masjid, namanya juga waktu itu masih anak-anak tetap saja naluri untuk bermain-main selalu tetap ada, setiap ambil wudhu main ciprat-cipratan air sama temen-temen cowok. terus harus sigap lari masuk kemasjid, biar nggak di senggol sama temen-temen cowok yang jahil. hehehehehee lucu banget ngebayanginnya. belum lagi kalo solat jamaahnya mau di mulai. biasanya si imam bakal panjang lebar menyampaikan pesan kepada kita anak-anak "rapatkan dan luruskan syafnya, untuk anak-anak jangan ribut, kalau mau ribut silahkan pulang kerumah sekarang". dan dengan wajah polos biasanya kita-kita seperti seorang anak yang langsung dapet hidayah meyakini sang Imam bahwa kita tidak akan melakukan keributan di saat solat berjamaah berlangsung.
Namun apa daya tangan tak sampai..... semua pesan berlalu begitu saja. setiap kali surat al fatihah selesai dibacakan. anak-anak cowok akan meng amini dengan suara yang GEDE dan PANJAAAAAAAANG banget "AAAAAAAMMMIIIII...................N". Selanjutnya gelak tawa yang tertahankan akan terdengar. Dan saat mau salam biasanya anak cowok langsung ngibrit lari keluar masjid untuk lari dan bersembunyi menghinari kemarahan ketua masjid. hihihihihi....
And then kita sebagai anak cewek biasanya cuma bisa ngakak aja liat kelakuan mereka. Well setelah semuanya terjadi. menjelang adzan salat Isya biasanya kita ngaji sama-sama, baca salawat nabi, baca surat-surat pendek. tenang sekali rasanya, ketawa lepas karena senang bisa kumpul sama temen-temen sepanjang hari. Oia gue mau cerita masa kecil gue yang indah yang nggak bakal gue lupain waktu aktif-aktifnya di masjid. gue inget waktu sekitaran kelas 3-4 SD anak cewek yang bertahan ngaji di masjid cuma gue sendirian. temen-temen gue yang lain pada capek katanya. huuufft.. sedih banget deh. Walhasil, jadilah gue menjadi murid yang paling kecil dan di gabungkan sama kelompok pengajian kakak-kakak dan mbak-mbak yang udah SMP. tapi akhirnya itu semua membawa berkah kepada gue, gue jadi punya kakak dan mbak yang merhatiin gue (ONLY FOR ME). kasih sayang berlimpah hanya untuk gue. gue jadi sering di jajanin sama mereka, dan waktu ulang tahun gue dikasih surprise dari mereka. Alhamdulillaaaah seneng banget rasanya, walaupun kadonya cuma buku sama pencsil doank, tapi gue tetep aja bersyukur. soalnya cuma gue yang dirayain ulang tahunnya :). 
Hmmm ada satu lagi kejadian masa kecil yang  ngebuat gue bangga banget tumbuh di lingkungan masjid. Gini waktu masih kecil gue sering banget mimisan. kena panas dikit mimisan, capek dikit mimisan. pokoknya dikit-dikit mimisan. nah waktu itu lagi solat Isya, emang sih dari awal gue udah ngerasa capek banget tapi tetep aja gue ke masjid soalnya rugi kalo nggak datang ke masjid walaupun sehari doank. jadi pas lagi solat di rakaat pertama kalo nggak salah, waktu abis sujud mau berdiri darah mengalir deras dari hidung gue. mukena gue penuh dengan darah. Sontak gue kaget dan nggak ngelanjutin solat. Bingung mau gimana, gue cuma bisa ngelirik orang disebelah gue. nggak ada reaksi. semuanya khusyuk dengan solatnya. hmmmm kepaksalah gue ngelap-ngelap hidup pake mukena gue. Darahnya makin banyak, nggak seperti biasanya. Hingga akhirnya solat jamaah selesai, Yuk Nuri (panggilan mbak untuk cewek dalam bahasa Palembang) langsung sigap menolong gue. Kakak, ibuk-ibuk, bapak-bapak, sama temen-temen yang laen langsung mengerubungi gue. gue jadi ikutan panik, walaupun udah biasa mimisan. akhirnya salah satu temen gue, gue nggak tau pasti siapa orangnya karena panik langsung nyodorin daun sirih ke hidung gue. terus kak Heri salah satu guru ngaji gue langsung ngebawa gue ke rumah. di ikutin sama temen-temen yang lain. mbak-mbak sama kakak-kakaknya juga pada ikutan nganter kerumah. ckckckck
lebai banget nggak sih? hahahaha...
saat itu gue berpikir, 'gue kan mimisan bukan yang untuk pertama kalinya, kenapa pada panik gini sih? ini yang nganter kerumah kok banyak banget, kayak gue mau mati aja'
sesampainya di rumah langsung di bawa keruang tengah, Mama sama Papa kaget, bukan liat gue mimisan tapi ngeliat orang yang nganter gue pulang kerumah. buseeeet banyak bener. Papa sih nyengir doank trus bilang "ia, dila emang biasa gini kao lagi kecapean. ntar juga sembuh kok"
satu-satunya orang yang nyantai dengan keadaan gue ini ya mama sama papa doank karena udah biasa. beda sama yang lainnya pada pucet ketakutan gue kenapa-kenapa.
setelah kejadian itu gue makin disayang sama kakak-kakak dan mbak-mbak yang ada di masjid. senangnyaa HAHAHAHA...
Dan masih banyak lagi cerita-cerita menarik lain yang gue alami dan yang pasti temen-temen sekalian rasain juga waktu kita masih kecil dulu. Bangga banget nggak sih, kita nih dulu gede di lingkungan yang islami banget. setiap hari kemasjid, setiap hari melafalkan surat-surat Al Qur'an dan selalu ingat sama Allah. Soalnya kehidupan anak kecil zaman sekarang beda banget sama kehidupan kita saat itu.

Sekarang semuanya tinggal kenangan. Udah lama banget nggak kumpul di masjid. terakhir kalo nggak salah abis SNMPTN, gue masih terima ucapan selamat dari mbak-mbakku yang baik hati itu. semenjak gue dan temen-temen udah punya kesibukan masing-masing pengajian di masjid kita udah nggak ada lagi. ikatan remaja masjjid (IRMA) udah nggak jalan lagi. pokoknya semua kegiatan yang biasanya ada di masjid-masjid udah nggak ada lagi di masjid dideket rumah gue itu.  pokoknya wajah masjid setiap gue lewat kayaknya kosong hampa banget. udah nggak ada lagi anak kecil yang meramaikan masjid. walaupun ada paling cuma sebentar trus mereka kabur deh kewarnet. kemajuan IT telah mengubah segalanya. Dulu gue selalu berharap akan ada regenerasi dari gue dan temen-temen lainnya. tapi itu semua cuma mimpi. sekarang anak-anak pada ngantri di warnet dari pada ke masjid. Tapi nggak sepenuhnya salah mereka juga sih, abis yang mau ngajarin mereka ngaji siapa? yang mau ngajarinnya juga sekarang lagi sibuk bergaul sama yang namanya internet (ia ia termasuk gue). tapi yang gue nggak habis pikir orang tua mereka kok nggak mikirin masa depan anak-anaknya? kenapa anak-anaknya di biarin sehari-hari diem di warnet? kenapa nggak nyuruh anak-anaknya buat ngaji? apa ngaji udah masuk kebudaya yang kalian anggap kuno? gue miris aja gitu ngeliat kenyataan yang ada sekarang. kok jadi gini?????

Melihat fenomena yang terjadi. Gue bersyukur hidup dan besar sebelum IT begitu berkembang. Jadi gue bisa ngerasain apa yang namanya kasih sayang tulus dari teman-teman terdekat. Soalnya jangan salah loh, anak kelas satu SD udah ada yang matre. Gue ngerasain yang namanya lomba cepat tepat, mewarnai, hapalan surat-surat pendek, busana muslim, ngasih semangat sama temen-temen cowok waktu mereka lomba adzan. Betapa itu semua udah jarang banget di lakukan anak-anak zaman sekarang. Dan jangan-jangan mereka juga baru tau kalo ada lomba yang seperti itu... Hmm seandainya mereka bisa ngerasain kebahagiaan yang dulu kita rasakan pasti deh mereka milih untuk ke masjid dari pada ke warnet. kan uang untuk bayar di warnetnya bisa di tabung... :)

Intermezo doank sama masa kecil yang indah. hiks hiks mencoba untuk menahan tangis nih gue....
soalnya kaaaaaaangeeeeeeeeeeeen banget sama yang namanya masa kecil gue. gue anak lorong yang beruntung. terimakasih ya Allah atas semua kenangan indah itu. :')

6 komentar:

  1. Kehidupan, cepat atau lambat, pasti berubah.. saya juga merasakan hal yang sama nih mbak Aldila. Dulu - saat saya masih kanak-kanak - sama orangtua di suruh pada nyantri.. tapi sekarang (bener tuh kata mbak Aldila) anak-anak lebih sering ngantri (warnet, playstation, dsb).

    Semoga kita sebagai generasi penerus dari orangtua kita, menjadi perubah peradaban yang lebih baik.

    Barakallahu Fikum..
    :) :) :)

    BalasHapus
  2. hehehhehe bener banget mas. budaya nyantri itu yang harus dikembangkan bukan ngantri main ps, nongkrong di warnet....

    amin amin niat yang baik itu mas dan harus direalisasikan...
    barakallah :D

    BalasHapus
  3. hehee,,itulah mbak..mkanx Ali bin Abi tholib bilang.."didiklah anakmu sesuai jamanx.."coz wktu trus muter ya mb,,,heheee
    mbak..mampir ke t4 q n follback ya mbak...^^
    http://monggopinarak-miracle.blogspot.com/
    dan
    http://nickzone-miracle.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. a cup of coffe hehehe mungkin jg lah karena itu alasannya. tp kasian aja sama adek2nya masih kecil maennya sm yg g sesuai dgn usia mereka... sipp meluncur ke tkp :D

    BalasHapus
  5. semoga kehidupan relegius gak tergerus oleh zama,klu ada waktu kunjungi blog ane ya

    BalasHapus
  6. mas i-one amin amin amin... :D
    soon i'll visit ur blog mas. makasi kunjungannya :D

    BalasHapus