Minggu, 13 Maret 2011

ALDINOSA PRAYOGO


Hmmm mau nulis mengenai adek gue aja deh. Tapi pertama-tama gue juga ngenalin diri sendiri ya, Dila ini anak pertama dari dua saudara nama lengkap gue Aldila ratna chamelia sekarang lagi menuntut ilmu di Universitas Sriwijaya, Indralaya. Dan nama adek gue namanya Aldinosa Prayogo, tapi biasa gue panggil Udin, tapi kalo temen-temennya manggil Obama, kribo, kodin dan lai-lain lupa gue hehehehe. Kita Cuma dua bersaudara atau lebih dikenal dengan keluarga KB alias keluarga berencana. Terus kalo orang tua kita berdua semuanya kerja di swasta, tapi cukuplah untuk menafkahi dua anaknya ini. Dan isi rumah kita Cuma empat orang deh. Sepi banget ya? Iaaaa apa lagi sekarang gue sama adek gue udah punya kesibukan masing-masing. Terutama si Udin nih, semenjak udah dapet kamera baru dari Papa kerjaannya potoin orang aja. Intensitas ketemuan gue sama adek gue ini kalo di totalin Cuma 30 menit sampe 1jam / hari. Pagi waktu dia nganter gue pergi kuliah, trus malem itupun Cuma ngebukain pintu untuk dia doang, abis pulangnya itu loh malam bener jam 12an. Well, sebenernya gue kagum banget sama adek gue yang satu ini. Nih anak biarpun kayaknya brandalan, preman-preman nggak jelas gitu tapi tetep aja gue bangga sama nih anak. Soalnya prestasinya dia lebih baik dibandingin ane. Dalam waktu dua tahun ini yang ngebuat orang tua gue bangga sama gue ya waktu gue lulus UNSRI doank, selebihnya gue rasa sih nihil, tapi kalo Dino. Dua bulan trakhir ini udah dapet banyak penghargaan fotografi dari komunitasnya dialah, dari pemerintah, dari universitas pokoknya banyak deh, bukan kayak gue yang minim prestasi.
Well, yang diatas Cuma intermezo doank, ini beberapa cerita mengenai seorang Aldinosa. Dari TK sampe SD gue selalu satu sekolahan sama nih anak. Tapi waktu SMP sama SMA nya kita berdua pisah. Soalnya waktu itu kan masuk sekolah berdasarkan rayon. Waktu gue SD, dino di kenal sebagai anak yang lincah abis, tapi giliran tiba saatnya di suntik nih anak nangisnya paling kenceng. Pernah juga waktu gue kelas dua dia kelas satu. Dia di daftarin mama les tambahan di sekolah. Otomatis gue pulang duluan donk kerumah, eh nih anak malah nangis-nangis minta di tungguin. Kepaksalah gue nungguin dia les tambahan dulu di sekolah. Awalnya sih gue kesel banget soalnya nggak ikutan maen sama temen-temen yang lain, tapi waktu gue udah selesai nungguin dia jam tambahan, waktu kita pulang berdua menuju rumah kok rasa penyesalan itu hilang ya. Gue ngerasa seneng banget bisa pulang berdua sama adek gue ini. Kebayang mukanya dia yang nangis-nangis minta di tungguin trus ngeliat mukanya berubah jadi senyum riang gitu gue merasa nggak sia-sia nungguin adek gue pulang sekolah, dan nggak masalah juga gue nggak ikutan maen sama temen-temen yang lain, toh sekali ini juga. Setiap inget kejadian ini, rasanya kangen banget sama masa-masa SD. Gue kangen sama kebersamaan ini. Emang sih waktu itu kita berdua baru kelas 1 dan 2 SD. Tapi disaat itulah gue merasa peran gue sebagai kakak bener-bener berguna bagi adek gue. Walaupun gue nggak tau dia masih inget apa nggak sama kejadian itu...
Namanya juga adek kakak pasti ada juga masa-masanya ngerasain sebel banget sama adek atau kakak sendiri. Nah ini kejadian yang nggak akan gue lupain juga nih. Waktu gue kelas 5 dan Dino kelas 4. waktu istirahat, anak-anak yang ada di kelas empat ribut dan rame banget. Terus keluar dari kerumunan itu seorang cewek dengan darah di dagunya dan sambil menangis dengan beberapa teman di belakangnya. Berhubung gue termasuk yang eksis di sekolahan(ceileeeh eksis hehehehe), langsung deh salah satu temen tuh anak nyamperin gue trus bilang kegue :
“kak, dagunya emon berdarah tuh”
Gue panik trus nanya “oleh siapa berdarahnya?”
“DINO KAK”
Nggak tau mesti ngapain, kayak di sinetron-sinetron gue rasanya jatuh ke sebuah lubang gelap yang berputar-putar yang lama kelamaan semakin cepat semakin cepat dan akhirnya pingsan. Tapi untunglah nggak pingsan beneran. Gue nyuruh tuh anak untuk langsung di bawa ke kantor para guru. Dan gue nyari dino, ternyata dia ada dikelas.
“KENAPA LO NGELUKAIN EMON SAMPE BERDARAH GITU?”
“nggak sengaja....”
Seperti biasa rumus andalan si Udin keluar dia nangis. Satu hal yang membatalkan niat gue untuk ngegampar nih anak saat itu juga adalah kalo dia udah nangis. Entah kenapa kalo ngeliat dia nangis hati gue juga rasanya sakit banget. Huftttt... akhirnya dia juga di bawa ke kantor guru. Gue di suruh guru buat ngejemput mama kerumah untuk pergi ke sekolahan. Di saat ini gue berpikir bahwa guru gue gila. Ya ialah gila, jarak sekolah ke rumah kan lumayan jauh, gimana kalo waktu itu di saat perjalanan pulang gue di culik orang, atau gue di tabrak mobil, apa itu guru mau tanggung jawab? Berhubung saat itu keluguan masih menyelimuti otak gue ditambah rasa panik, marah, takut, kesel yang menyerang gue ditambah lagi guru gue bakal lapor kepolisi kalo mama nggak datang ngebuat gue langsung beranjak pulang kerumah. Satu pelajaran bagi kalian para guru tolong donk kalo mau ngasih ancaman yang normal-normal aja. Disaat yang sedang terdesak trus ditambahkan desakan lagi dengan yang namanya polisi maka seorang anak tersebut akan merasakan trauma yang sulit untuk dilupakannya, sehingga membuat anak tersebut selalu takut ketika mendengar kata yang bernama polisi. Contohnya adalah saya. Gue jadi parno denger nama polisi dan sampai saat ini gue selalu kesel kalo inget sama guru gue itu. Gue sedih aja,seharusnya yang dia lakukan adalah menenangkan murid-muridnya bukan membuat muridnya semakin takut.
Untung saat itu mama nggak ngajar, jadi bisa cepet langsung kesekolahan. Mama juga sama shocknya kayak gue. Mama langsung beranjak ke sekolah. Disekolah udah ada ibunya si Emon. Untunglah ibunya nggak marah-marah. Selanjutnya mama, dino, emon dan nyokapnya emon pergi ke puskesmas untung ngejahit dagunya emon yang robek gara-gara si Udin. Dan gue melanjutkan belajar disekolah menahan rasa malu karena biarpun waktu itu masih SD, anak-anaknya udah pada pinter gosip semua. Dan rasa marah sama si udin, kenapa sih nih anak nggak berenti-berenti nyusahin gueeeee. Fiuuuhhh malamnya waktu makan malem, ketakutan gue belum ilang, soalnya papa belum tahu sama kejadian hari ini. Tapi mungkin emang anak cowok tabiatnya nakal-nakal, waktu ngedenger itu papa malah ketawa aja, trus bilang “jadi gimana emonnya? Sehat-sehat ajakan? Yaudah nggak pa-pa namanya juga anak cowok”
Saat itu juga semua beban yang ngeganjel di hati lepas. Bagi gue kalo mama sama papa nggak marah itu adalah hal penting dalam hidup gue. Terserahlah apa kata orang mengenai kejadian itu.
Well, semenjak kejadian itu untunglah semuanya baik-baik saja. SMP sama SMA kita berdua juga lancar-lancar aja. Tapi kayaknya Cuma gue yang biasa, soalnya kegiatan gue Cuma sekolah, bimbel, belajar sama tidur. Paling Cuma ikutan lomba-lomba olimpiade kecil-kecilan, clas meeting sama tujuh belasan Gituuuu aja tiap hari. Beda sama dino, dari kelas dua SD udah gabung sama taekwondo. Waktu SMP gabung sama anak-anak basket, SMA sama anak-anak sepeda trus waktu SMA juga nih anak lulus ujian poom-1 taekwondo yang di uji langsung guru besar dari daerah asal taekwondo, gue lupa nama negara asal taekwondo itu Korea apa Jepang, ya diantara itulah pokoknya. Di SMA prestasi si udini di bidang akademik emang nggak sebagus gue, tapi di bidang non akademik, buset deh nih anak banyak banget prestasinya. Di taekwondo dia menang di kejuaraan-kejuaraan dan selalu dapet emas, belum lagi dari hobinya maen sepeda, diakhir kelas tiga nih anak dapet sepeda apaan tuh namanya gue nggak paham betul jenisnya. Yang pasti itu sepeda bisa dilipet-lipet jadi 3-4 bagian, yang harganya bisa ngegantiin HP gue jadi BB. Dan mengetahui semua itu gue semakin sadar bahwa berprestasi di bidang akademik tidak lebih baik dibandingkan orang-orang yang memiliki prestasi dibidang non –akademik.
Masa SPMB tiba, dino dengan gagahnya mengikuti semua tes di semua universitas dan sekolah terbaik yang ada, pertama dia tes di STAN, kedua di UNSRI, trus di POLTEK UNSRI, di PAP UNSRI, di EXT. UNSRI. Dan semuanya nggak ada yang lulus. Awalnya sih waktu nggak ketrima di STAN, Unsri sama Ext. Unsri dia masih anteng-anteng aja karena nggak terlalu ngarep. Tapi waktu pengumuman Poltek sama PAP dino mulai galau nih, dari jam delapan malem dia udah mulai liat hasil pengumuman. Awalnya papa sama mama masih nemenin sampe jam 10, tapi berhubung besok kerja mereka tidur duluan. Gue nungguin dia sampe jam 12 masih juga nggak kebuka. Gue kekamar, udah mau tidur dino masuk kekamar gue. Berhubung gue udah setengah sadar seinget gue dino bilang “la, aku nggak lulus poltek? Trus gimana donk nih? Kasih tau ortu apa nggak?”
Gue pikir baru polteknya doank yang nggak lulus, karena shock dan belum ngeh gue bilang aja ke dino, ya udah nggak pa-pa kan masih ada PAP, sekarang mending solat, doa trus tidur. Besok pagi aja ngasih tahu papa sama mamanya. Entah mengapa kok bodohnya gue yang nggak bisa mencerna omongannya si dino, gue baru tau malem itu dia bilang kalo dia itu nggak lulus dua-duanya, bukan Cuma poltek tapi pap juga. Dan gue baru tahu keesokan paginya. Mama sama papa nanya ke gue, udah tau belum dino lulus apa nggak? Gue bilang aja nggak tau. Eh nggak taunya mereka malah beli koran dan langsung nyari namanya dino. Yaaah langsung aja gue samperin mereka untuk bilang kalo sebenernya dino nggak lulus poltek, tapi belum tentu PAP, bisa jadi dia di terima. Langsung deh kena omel sama papa dan mama. “ya ampun uni, kenapa nggak kasih tau dari semalem? PAP sama POLTEK kan pengumumannya sama-sama”... PAAAAMMMM terasa kena bogem dan merasa bodoh banget gue..... bodohnya gue nggak terlalu menanggapi ceritanya dino semalem, bodohnya gue nggak nemenin dia semaleman. Bodohnya gue tidur tenang disaat adek gue lagi bener-bener terjatuh. Gue inget waktu dia masuk kamar gue dia udah nangis. Dan yang pasti semaleman nih anak pasti nggak tidur. Mama langsung naek ke kamarnya dino. Bener aja dino nggak berenti nangis, gue tau dia terpukul banget. Soanya di dalam hatinya masih tersimpan untuk kuliah, walaupun sekarang dia udah punya penghasilan sendiri. Sebulan penuh dino down, dia berubah drastis. Solatnya jadi rajin banget. Dan saat itu gue berpikir bahwa mungkin ini memang jalan yang dia harus tempuh. Selama ini hidupnya dino terlalu mulus dan lancar-lancar aja. Masalah yang dia hadapi nggak ada yang terlalu berat. Dan mungkin dia mulai jauh dari Allah, Allah kangen sama dia makanya Dia dikasih cobaan kayak gitu biar kembali ingat sama Allah. Bahwa masalah berat yang ada sekarang tempat mengadunya Cuma sama Allah, kita meminta pertolongan Cuma sama Allah. Karena yang memegang kepastian itu hanya Allah. Wal hasil sekarang, dia kuliah di salah satu tempat kuliah yang lumayan terpandang di palembang, dia ambil D1, soalnya di SPMB mendatang dia mau ikut tes lagi. Doain adek gue ini sukses ya di SPMB tahun ini (amin). Well, akhirnya kehidupan kembali normal. Dino udah nggak down lagi, malahan rezekinya dia bertambah. Setahun terakhir hobinya dia sebagai potographi semakin menanjak, malahan nih anak udah mampu beli kamera yang harganya setara sama motor honda yang baru pastinya ditambah bantuan papa. Dan sekarang dia lagi ngadain pameran foto di salah satu mall terbesar di palembang. Sumpah gue bangga banget sama adek gue satu ini dan Cuma satu-satunya ini. Belakangan walaupun intensitas pertemuan gue sama dia masih tetep jarang, bahkan untuk hari ini nggak nyampe 3menit gue liat nih anak, tapi dia tetep dino yang gue kenal dulu. Tetep sayang sama keluarga, dan tetep mau traktir gue yang paling penting hahahahaa... Tapi penyesalan gue yang malam itu tetep aja ada. Maafin gue ya din, saat itu gue terlalu ngantuk dan egois hingga akhirnya ngebiarin loh terjatuh sendirian.  I’m suer itu nggak akan pernah terjadi lagi. Dan perlu lo tau din, nggak pernah sedikitpun gue merasa iri dengan semua yang lo punya. Gue Cuma kakak lo, yang selalu seneng setiap kalo berprestasi dan selalu ikut sakit setiap kalo lo terjatuh. Take care ya brother, selalu buat orang tua kita bangga. :’)



4 komentar:

  1. karena sering lembur ada sedikit cerita ringan dari saya, kunjungi ya :D, endingnya mirip dengan cerita dila :D

    BalasHapus
  2. okeeee mas auraman meluncur sekarang :)

    BalasHapus
  3. okeeee mas auraman meluncur sekarang :)

    BalasHapus
  4. salam kenal yah...
    aku undang yah untuk mampir di rumah persahabatanku
    http://f4dlyfri3nds.blogspot.com

    BalasHapus