Selasa, 10 April 2018

MALANG : Jalan-jalan Ke Ijen Banyuwangi (Part 1)

Udah malem dan nggak ada niat juga buat ngeblog malem ini. Tapi pas liat foto-foto di galeri HP, Jadi pengen share foto-foto liburan dua minggu lalu. Emang mau share juga sih tapi nggak jadi-jadi tapi malem ini niatnya muncul. Jadi ceritanya dari tahun lalu sama mbak Puput udah ngerencanain untuk liburan bareng setelah 2017 abis, sebelum penyiksaan 2018 dimulai. Kita memutuskan ke Malang. Oke, tiket dibeli siap liburan ke Malang. Yeeeeee, seneeeeng banget sekalian deg-deggan karena ini kali pertama pergi ketempat nggak ada keluarga atau temen disana. Dan satu lagi, rute pertama kita pas nyampe Malang itu langsung ke Banyuwangi! Yep, kita schedule nya langsung ke Ijen. Ya Allah udah nggak tenang aja tuh bawaan, parnoooo....
Singkat cerita kita nyampe di Malang hari Kamis tanggal 15 Maret 2018 di Malang jam 3 sore. Selama di Malang kita pake jasa travel agen di lepas suntuk tau dari Instagram, ini juga modal bismillah banget dah. Takut banget ini travel agennya ngasal asal untung aja. Tapi tiga hari full sama mereka kita terpuaskan! sangat terpuaskan!!! Kita janjiannya jam 5 apa ya dijemputnya (lupa), walhasil kita memutuskan untuk makan di Bakso presiden dulu.
Bagian makan bakso presiden ini juga memorable banget bagi gue hahaha, secara dua orang krucil ini bawak koper super gede, terus bagi yang tau lokasinya bakso presiden ini kan kudu ngelewatin rell kereta. Menjadilah kita berdua ngegerek koper super gede itu menuju tempat makannya. Dan rasanya, malu banget sebenernya diliatin gitu sama orang-orang. "Abis diusir dari mana nih anak dua?" "turis lokal atau gelandangan nih?" itu sih yang ada didalam benak gue hahaha. Sumpah malu, tapi tetep maksa cuek, sayang nggak ada fotonya karena ribet sendiri sama koper masing-masing.
So far menurut aku pribadi nih ya. Bakso presiden rasanya biasa aja, kurang gurih secara gue anak micin. tempatnya okelah kalo cuacanya nggak sepanas Palembang, harga juga oke terjangkaulah untuk orang seboros gue sama mbak puput.
Setelah 2 jam nongkrong akhirnya tim dari LepasSuntuk (LS) datang jemput kita. Nggak taunya yang datang dua bocah yang mayan jauh jarak umurnya dari kita berdua hahahaha. Bayangan gue bakalan ditemenin sama bapak-bapak tua nih eh ga taunya nggak hahahha. Kurang lebih 7 jam perjalanan sempat berhenti sebentar makan rawon ngulik nama daerahnya lupa heee, kita nyampe di Ijen jam 12 malem persiapan sebentar langsung ndaki. Udaranya dingiiin bangeeet, kalo ngomong mulut berasap. Mimpi gue banget untuk bisa ngomong keluar asep hahaha.
Perjalanan menuju kawah Ijen normalnya tiga jam, tapi berhubung yang pergi anak mami perjalanan yang kita tempuh jadi empat jam. Ya Allah ya Rahman ya Rahim, rasanya beneran deh ngap banget, jalannya nanjak jadi mudah banget capek. Gue awal-awal rasanya nggak kuat, lambung tuh kayak perih, kepala pusing kliyengan, kaki rasanya beraaaat banget, mata gue ngantuk minta ampun. Tapi Alhamdulillah tuh gue nggak panik, hati, perasaan tuh tenang, ketenangan yang akhir-akhir ini jarang banget gue rasain, ketenangan yang gue rindukan, ketenangan yang diri guue selama ini sulit banget gue dapetin, ketenangan yang membawa gue ke kebahagiaan lahir dan batin, lebai emang tapi itu yang gue rasain malam itu, adeeem banget rasanya, oiya, satu lagi keihklasan, iya gue ngerasain keikhlasan yang murni, pokoknya ikhlas, sampe bingung sendiri ngejelasinnya. gue juga nggak berenti senyum lebar disela muka gue yang udah mirip ayam tiren. Dan satu yang buat tambah seneng pemandangan langitnya indah banget!!! super indah, Alhamdulillah langitnya bersih, jadi bintang-bintang keliatan jelas terang, mungkin bisa liat bintang jatuh kali ya, sayangnya gue nggak selalu ngeliat ke atas jadi nggak tau ada apa nggak ada bintang jatuhnya. Terus selingan lainnya bisa ngeliat kota Banyuwangi dari atas, Ya Allah indah banget, ada bintang diatas dan lautan lampu dibawah. Indah banget!!!! Dan satu mimpi gue kembali dikabulkan sama Allah untuk datang ke suatu tempat yang selama ini cuma bisa gue bayangin tiap malem. Gue sering nutup mata sambil merasakan gue ada disuatu tempat yang tinggi dimana gue bisa liat kerlap kerlip lampu kota plus bisa liat bintang-bintang secara dekat. Dulu gue selalu mikir kalo mau liat yang kaya begitu gue harus tinggal di apartemen, bener sihh tapi masih kurang alamiah, dan Allah kasih gue kesempatan untuk ngerasain mimpi gue, ngewujudin mimpi gue untuk ngerasain itu semua secara nyata walau itu harus gue tempuh jauh dari rumah dan fisik yang keesokan harinya kecapean.
Empat jam jalan, akhirnya nyampe juga dikawahnya. Masha Allah, Alhamdulillah ya Allah makasih udah kasih pemandangan yang indah, makasih udah jagain kami selama perjalan mendaki dan penurunan. Blue firenya indah banget, keliatan jelas dan besar, berasa beruntung banget bisa liat apinya secara kan cuma ada dua didunia ya, asap belerangnya juga nggak mengarah kekita dan bapak-bapak penambang batu kapur mereka keren banget. Jam empat subuh udah mulai nambang, HEBAT banget! Pokoknya yang keluar dari mulut tuh kata-kata indah semua. Oia, selama pendakian gue sama mbak puput juga nggak berenti pegangan tangan, bonding between sisterhood, secara gue nggak punya kakak perempuan ataupun laki-laki berasa punya saudara deh jadinya hahahhaa.
Sunsetnya nggak keliatan karena beda tempat, tapi langitnya cantiiiiik, kawahnya jelas, pas udah mulai terang pemandangan semuanya indah, canik, bagus, diatas sempurna semuanyaaa. Ya ampun gimana pas di surga nanti ya, dunia kan baru 1% nya surga, nggak kebayang hihihihi....
Pas udah terang semua keliatan, ternyata oh ternyata medan yang dilalui selama perjalanan itu memang rawan banget. Jurang dalem mengintai sist, belom lagi pas ngarah ke kawah ya Allah kegelincir dikit bisa mati tuh. Dalam ati bilang sendiri ya Allah kalo jatoh gue tinggal nama nih. Tapi pemandangan pas siangnya juga bagus bangeeeeeet. Nah kalo pas pergi gue yang kayak mau mati pas penurunan ini mbak puput yang semaput. Gemeteran nih anak. Tapi Alhamdulillah kita berdua sampe dengan selamat. Oiya, BTW selama perjalanan naik dan turun gunung tas gue jadinya di bawain sama Andre tour guide dari LS gara-gara dia nggak tega liat gue semaput pas awal pendakian. Baik banget anaknya, dan senengnya lagi ternyata dia dari Aceh, jauh ya. Dia mahasiswa di Malang. Seru jadinya ngobrolnya jadi luas. Nah ini foto-foto part Ijen, dimulai dari bandara Palembang :)
Ceritanya dibagi-bagi karena bakalan panjang banget kalo dijadiin satu hahahha (sok penting kaya ada yang baca ada hahahhaa, semoga ada sih :D)