Kamis, 14 Oktober 2010

PEMIMPIN MENURUT SAYA ADALAH.............???

ini hanya pemikiran saya kepada seseorang yang menjadi pemimpin ataupun bagi calon pemimpin dimasa depan.
ini merupakan sikap saya, rasa kecewa saya kepada orang-orang yang memimpin disuatu organisasi
entahlah mungkin karena saya orang yang terlalu normatif. tapi saya rasa saya perlu menyampaikan hal ini.
dan yang perlu kalian ketahui teman ketika kalian menjadi pemimpin sebaiknya kalian tahu apa yang di inginkan bagi anak buah kalian nantinya.
dan kriteria pemimpin yang baik menurut saya adalah::

1. ADIL
Adil adalah menempatkan sesuatu sesuai dengan tampatnya. tidak berat sebelah, bertindak adil lah karena itu modal utama jika ingin menjadi pemimpin, jangan berani mengambil resiko menjadi pemimpin jika anda belum sanggup adil.
jika anda masih bingung apakah anda telah bersikap adil atau belum, jangan pernah malu bertanya dengan orang disekitar anda.

2. MENGHARGAI
Menghargai adalah bentuk apresiasi kita sebagai pemimpin kapada anak buah. bayangkan betapa bahgianya mereka ketika pekerjaan yang mereka buat anda hargai. mereka akan merasa bahwa apa yang telah mereka kerjakan tidak sia-sia. pujilah mereka sebelum mengkritik pekerjaan mereka. karena untuk di hargai orang lain maka hargailah mereka terlebih dahulu.

3. MOTIVATOR
Motivator sikap yang penting yang harus dimiliki para pemimpin. terlebih jika kita sedang berada di posisi yang sulit. motvasi sangat diperlukan bagi bawahan. motivasi yang diberikan oleh para pemimpin merupakan semangat tersendiri bagi bawahan. degan motivasi yang tepat dapat memudahkan kita menyelesaikan masalah yang sulit. dan dengan motivasi akan menimbulkan semangat baru, semangat kerja dan akhirnya masalah akan bisa dihadapi dan diselesaikan.

4. INOVASI
Mengerjakan pekerjaan yang monoton selama berjam-jam, berhari-hari, berbulan-bulan, bertahun-tahun membuat para bawahan dapat menjadi jenuh dan bosan. kualitas pekerjaan pun menurun. sebaiknya bagi kalian yang akan menjadi pemimpin lakukan inovasi dalam bekerja. adakan kegiatan yang membuat mereka nyaman dalam melakukan pekerjaan. adakan out bond, penambahan bonus / gaji, beri mereka sesuatu kepada mereka jika mereka mencapai target perusahaan. satu lagi lakukan juga inovasi bangunan kantor, cat ruangan-ruangan dengan warna yang segar agar menimbulkan efek ceria dan semangat dalam menjalani rutinitas pekerjaan.

5. JAGA KEPERCAYAAN DAN TEPATI JANJI
Sebagai pemimpin usahakan untuk selalu menetapati janji anda kepada bawahan anda.
kita dipilih sebagai pemimpin karena salah satu faktor penting yaitu KEPERCAYAAN. Jangan khianati faktor kepercayaan tersebut. bagaimana supaya kepercayaan tersebut dapat terjaga yaitu dengan menepati jani. tepati janji yang anda ucapkan dulu. karena dulu waktu bawahan memilih anda karena ada faktor percaya didalamnya. janji-janji yang kalian ucapkan merupakan harapan mereka maka tepati janji itu.karena janji yang terpenuhi sama dengan permintaan mereka yang terpenuhi.

6. PROFESIONAL
Ya,,, PROFESIONAL. jangan campurkan hubungan pribadi dengan hubungan kantor. bersikaplah profesional jangan menspesialkan seseorang dan jangan pula mendeskriditkan seseorang.
cotohnya adalah ketika anda dihadapi masalah saat bawahan anda berkelahi. bersikap profesionallah dalam menyelesaikan masalah tersebut. tanyai siapa yang memulai perselisihan tersebut. jangan karena dia adik anda, sahabat anda, keluarga anda, anda selalu membela mereka.

7. JANGAN MALU BERTANYA
Bagi anda yang intensitasnya jarang bertemu dan berkumpul dengan bawahan anda jangan pernah malu bertanya kepada mereka apa yang akhir-akhir ini terjadi diperusahaan. jangan malu bertanya apa yang harus dilakukan demi kemajuan usaha anda. jangan malu bertanya jika anda tidak mengerti apa yang sedang terjadi di usaha / organisasi anda. jangan pernah merasa yakin anda mengetahui segalanya padahal anda tidak tahu apa-apa.

menurut saya setidaknya tujuh karakter itu yang harus ada pada calon pemimpin atau para pemimpin saat ini. mohon maaf jika ada salah-salah kata. saya hanya mencurahkan apa yang saya rasakan saat ini sebagai bawahan. dan tulisan ini sebagai pengingat saya jika nanti saya menjadi pemimpin hal-hal apa saja yang harus saya lakukakan ketika nanti saya dan anda menjadi pemimpin.
semoga kita dapat menjadi pemimpin yang di inginkan bagi bawahan kita nantinya.

chayoo guys,,,,
you must sure you can do it,,,
all is well
all is okei
if we dare we can do it !!!!!!!!!!!!!
SPIRIT GUYSSSSSSSSSSSSSSSSSSSS :D



Tidak ada komentar:

Posting Komentar