Jumat, 04 September 2015

Yang Muda Yang Kreatif

Assalamualaikum, Hallo, selamat malam. Sudah lama banget nggak ngeblog kangen juga. Malam ini mau cerita pengalaman aku yang diajakin ketemu sama anak-anak gaulnya Palembang (lebay ya hehehe). Acaranya diadakan oleh Tropicana Slim dan diadain di Cocca Caffe, salah satu tempat nongkrong kekinian yang lagi ngehits di Palembang. Acara meet and great yang datang itu blogger, owner online shop, fashion blogger, food blogger, beberapa perwakilan putra dan putri dari beberapa universitas Palembang sama perwakilan dari Indonesia Mengajar juga ada.  Kenapa bisa datang diacara ini? Simple, karena kebetulan temen deketku diundang, dan boleh ngajak satu orang, jadi aku diajakin deh (nggak penting banget ya? Hahhaha).
Acaranya menarik, menambah pengetahuan kita tentang kadar gula yang ada di makanan dan minuman yang suka kita makan sehari-hari. Ada narasumbernya, Mas Bastian, banyak banget info yang dibagikan mengenai gula, seru sih, jadi agak menakar juga apa yang mau dimakan dan diminum sehari-harinya. Jangan sampe kebanyakan, apalagi aku sendiri dikeluargaku ada garis keturanan penyakit gula/diabetes. Makanya udah mulai jaga-jaga makan deh sekarang hehehehe.
Tapi sebenernya yang mau aku bahas bukan tentang gula sih, soalnya waktu workshopnya aku lebih focus ke makanan deh kayaknya hahaha, abis enak-enak sih (nggak ding, becanda!) kalo mau tau masalah gula silahkan browsing aja dim bah gugel atau kunjungi blognya tropicana ya. Tapi, yang mau aku bahas itu adalah aku seneng banget bisa ketemu dan kenalan sama orang-orang baru, anak-anak muda yang kreatif banget di Palembang. Waw, nggak nyangka aja bisa ketemu. Secara siapalah aku ini yang hanya nulis blog yang isinya curahan hati nan labil. Jadi disana kemaren ketemu sama yang punya online shop yang biasa aku beli produknya, butiknya sih ada di Palembang tapi nggak pernah ketemu tiap kali kebutiknya, eh  malah ketemu disini. Baik orangnya, masih muda dan aku salut banget, ya Tuhaaaan, semuda ini sudah punya butik, Subhannallah….
Ada juga food blogger, lupa nama mbak sama masnya, lupa juga aku instagramnya apa, tapi baik, ramah banget. Gila ya, orang kayak mereka tu pashionnya keluar banget. Bisa kreatif dan nggak sombong kayak gitu gimana caranyaaa?? Mbaaak aku mau dong dikasih kameranya, model-model vintage gitu tapi harganya empat bulan gaji aku!. Aku tuh ngeliat di mbaknya mulai dari preparation, taking photo sama finishingnya itu tuh gimana ya, excited banget gitu. Kayak dapet ilmu baru, ternyata begini, ternyata begitu. Wah keren deh pokoknya!
Nah ini yang paling berkesan, sangat menyenangkan yaitu adalah aku kenalan sama temen-temen Indonesia Mengajar. Sumpah seneng banget bisa ketemu dan kenalan sama mereka. Akhirnya ya, bisa juga kenalan sama orang yang bener-bener jadi guru di Indonesia Mengajar. Selama ini Cuma bisa browsing-browsing, denger cerita temen tentang temennya yang ikutan Indonesia Mengajar atau Cuma bisan ngayal bisa ikut Indonesia Mengajar (paling nggak mungkin kayaknya). Mana penempatan mereka juga ternyata satu kabupaten sama aku, Cuma mereka lebih jauh lagi penempatannya. Dari obrolan aku dapet info kalo mereka dari semarang sama dari mana ya lupa heee, yang cewek namanya Mutiara, yang cowok aku juga lupa (nanti kalo ada kesempatan ketemua aku buat mini biografi mereka berdua ya). Mereka ikutan IM itu dari jumlah pesertanya 1000 orang dan yang keterima Cuma 75 orang aja. Kebayang betapa bahagia, bangga dan senangnya ya bisa jadi bagian dari IM ya. Katanya mereka mau ngadain kelas inspiratif nanti di Palembang, dan janji bakalan ngundang aku nanti (ngarep banget diundang). Siapa tau bisa kenal sama anggota Indonesia Mengajar lainnya. Soalnya aku beneran deh lebih bangga lebih seneng temenan kenal sama orang yang kayak mereka-mereka.
Dari perkenalan dengan beberapa orang-orang kreatif dan hebat diatas, ada satu kesamaan dari mereka yaitu rendah hati, nggak merasa paling hebat. Hampir semuanya ramah dan murah senyum, walaupun ada juga sih yang jutek tapi mungkin karena nggak kenal kali ya. Ada juga yang mbak yang dokter, senyum manis banget, ramah banget, adem ngeliatnya. Jadi kalo mau sukses acaranya buat kita yang masih coba-coba ini itu kuncinya, kalo menurut aku nih ya tiap kali ada gathering kita sebaiknya :
1.      1.  Ramah dan Senyum, first impression itu penting, jadi kalo kita pertama udah ramah dan murah senyum, aduh orang tuh udah pasti deh ngerasa dihargai. Setidaknya feed backnya akan bagus kedepan. Siapa tau kan dia jadi clien kita nantinya. Inget rezeki bisa datang dari siapa aja loh! Jadi janga sia-siakan kesempatan. Kalo pertama aja udah jutek, angkat dagu gitu, ya mungkin itu bisa jadi salah satu indicator why your bussinesss didn’t work good!
2.       2.     Kartu nama, penting banget walaupun sekarang jaman udah canggih udah ada social media, kita tetep nggak bisa menyepelekan kartu nama! Soalnya aku waktu salaman sama mereka-mereka beberapa ada yang minta tukeran kartu nama. Apapun pekerjaan kita kayaknya perlu deh kartu nama, apalagi yang bergerak dibidang jasa. Karena di kartu namakan tertulis jelas alamat, nomor telepon dan kontak lainnya yang kita punya. Jadi bisa dihubungin dari beberapa cara nggak Cuma telepon.
3.     3..  Rendah diri, kalo rendah diri ini aku banyak banget belajar sama temenku yang fashion blogger. Followersnya dia udah 50ribuan tapi she is so humble to everyone. Dan ini didukung sama yang lainnya juga, aku liat mereka yang hebat-hebat itu rata-rata emang rendah diri banget nggak ngerasa hebat gituloh. Guys, mereka aja yang rendah diri masih berusaha terus menerus, masa kita yang baru merintis udah meresa tinggi kan oke!
Oke, that’s all. Itulah sharing ku malam ini. Penting nggak penting sih semoga bermanfaat! 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar